Terminal Biss Group

antv dan tvOne Acak Siaran ISL

Posted on: April 13, 2013

Gambar

Gambar

Kata kunci “ISL diacak” dan yang sejenis mendadak muncul di statistik blog ini. Beberapa bulan lalu ketika saya mencoba menonton ISL di TV berbayar, ternyata yang ada adalah program pengganti. Ternyata memang ada benarnya bahwa ISL memang diacak.

Sepakbola, olahraga paling “panas” di negeri ini. Sampai-sampai ada rebutan untuk menguasai induk organisasinya di sini, di Indonesia. Kompetisinya juga pecah jadi dua, IPL dan ISL.

Belakangan, melalui KLB PSSI, akhirnya PSSI menerima proposal ISL. Artinya IPL musim ini adalah IPL terakhir. Secara bisnis IPL juga sudah tidak menguntungkan lagi. Tidak ada lagi TV yang menyiarkan IPL setelah dulu IPL sempat menjadi primadona sementara dengan menjadi program INDOSIAR yang kemudian merebak ke METRO TV, kemudian bergeser ke TRANS TV dan TRANS 7, hingga kemudian IPL berlabuh di MNC Group.

ISL, sejak dimulai pada 2007 hingga sekarang ini masih bertahan di antv, dan kini juga meluas ke tvOne. ISL oleh masyarakat Indonesia kebanyakan dianggap lebih baik daripada IPL yang muncul belakangan. Hal ini terbukti dengan ramainya stadion pertandingan ISL dan begitu sepinya stadion pertandingan IPL. Hal ini makin terlihat pada tim sepakbola yang mengalami dualisme seperti AREMA yang pecah menjadi AREMA IPL dan AREMA ISL.

ISL sekarang menjadi “penguasa” karena masa depannya menjadi jelas lagi. Stasiun TV yang dari dulu memang terasosiasi dengan pengurus PSSI lama kecipratan imbasnya. Swing viewers seperti saya mungkin kebanyakan akan kembali menonton ISL setelah sempat terpesona dengan IPL.

Nampaknya Viva Group membaca hal ini. Dengan hak siar yang “dijual” eksklusif sampai 2018 (saya ingat antv pernah menyebut mereka memiliki hak siar ISL selama 10 tahun pada tahun 2008), menjadi satu keuntungan tersendiri. Mungkin karena antv merasa telah membeli mahal hak siar itu (padahal banyak pengamat persepakbolaan yang mengatakan hak siar itu terlalu murah untuk disebut eksklusif), akhirnya antv beserta tvOne memutuskan untuk mengacak siarannya.

Satelit umum diacak dan beberapa TV berbayar (sepertinya INDOVISION tidak terimbas hal ini) akhirnya harus menutup siaran antv dan tvOne selama ISL berlangsung dengan program pengganti. ISL hanya bisa disaksikan melalui terestrial FTA. Banyak penonton satelit yang sebal dengan hal ini.

Mungkin, ini adalah “ajang latihan” antv dan tvOne menjelang Piala Dunia 2014 di Brazil. Kita tahu Viva sekarang merancang Vivasky, TV berbayar baru. SPORTONE, stasiun TV baru mereka juga ditempatkan di sana. Yang pasti PD2014 hanya akan disiarkan di Vivasky tanpa TV berbayar yang lain, apa lagi parabola FTA.

ISL latihan, dan PD2014 adalah lapangan yang sesungguhnya. Bagi Anda yang memiliki parabola dan TV berbayar lain di luar Vivasky, sebaiknya bersiaplah kecewa. Kalau mau tidak kecewa, kembalilah kepada antena terestrial FTA, toh sebentar lagi ada digital, kualitasnya lumayanlah daripada terestrial analog. Toh gratis juga, enak kan?

Tapi di sisi lain masyarakat di wilayah blank spot yang hanya bisa mengakses satelit tentunya merasakan kekecewaan yang teramat sangat karena hiburan mereka sekarang menghilang ditelan acakan. Mereka yang seperti ini hanya bisa pasrah. Hanya mereka yang melek biss key saja yang bisa sedikit bernafas lega karena bisa menembus acakan itu. Tapi yang lain? Ya, pasrah lagi.

Sumber : davenirvana1.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terminal Biss Smart Mobile

Sekarang teman-teman bisa mencoba aplikasi untuk gadget berbasis android : Terminal Biss Smart Mobile, sama updatenya dengan Terminal Biss Group. Download melalui http://www.appsgeyser.com/423112 dan pastikan pengaturan/setting gadget kamu telah mengizinkan/allow instalasi aplikasi non-market

Kalender

April 2013
M T W T F S S
    May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Join 2,320 other followers

%d bloggers like this: